11 Februari 2011

FUB di dampingi Tim Advokasi dan Perlindungan Korban Penistaan Terhadap Islam (TANGKIS)

Dari perkembangan kasus kerusuhan di Temanggung akibat dari kekecewaan vonis kasus penistaan agama islam, polisi melakukan beberapa penangkapan terhadap sejumlah warga. Hal ini membuat keresahan tersendiri di warga Temanggung. Seperti yang dilakukan penangkapan terhadap Gus Lutfi di Watukumpul Parakan Temanggung yang melibatkan 20 sepeda motor dan 4 mobil aparat kepolisian. Hal ini menciptakan suasa yang gaduh dan mencekam. Demikian juga yang dilakukan di desa Sigedong Kec. Tretep Temanggung.
Guna mengantisipasi hal yang lebih buruk , maka FUIB Temanggung dalam perjalanan lebih lanjut didampingi oleh Tim Advokasi dan Perlindungan Korban Penistaan Agama Islam (TANGKIS). Tim ini terdiri dari beberapa unsur yaitu Nahdlotul Ulama, Muhammadiyah dan Profesi Hukum yang melibatkan 11 orang yang berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah, yaitu :
1. Wasit Wibowo, SH.
2. Dani Sriyanto, SH.
3. Taufiq Nugroho,SH,MH.
4. Bambang Joyo Supeno,SH.MH.
5.Syahrir,SH.
6. Heri Kuswanto,SH.
7. Kholid Syaifullah,SH.
8. Fuad,SH.
9. Didik Setyo Nugroho,SH.MH.
10. Kalono,SH.MH.
11. Musta'an, SH.M.Hum.
Pembentukan TANGKIS ini akan mengupayakan pendampingan secara hukum dengan beberapa target, yaitu :
1. Membuat rumah pengaduan korban sewena-wena aparat keamanan.
2. Pendampingan keluarga korban penagkapan
3. Pra peradilan penangkapan.
Sampai saat ini dari informasi yang masuk masih ada 14 orang yang ditahan di kepolisian. Sedangkan dari Danurejo Temanggung tinggal Supyanto yang masih di tahan di Polres Temanggung.
Informasi dari beberapa media, Kamis malam kapolres Temanggung AKBP Kapolres Temanggung AKBP Anthony Agustinus Koylal dicopot dari jabatannya datersen diganti oleh AKBP Kukuh Khalis. Pergantian pejabat secara mendadak , dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsung secara tertutup di aula Polres Temanggung, sekaligus pelantikan Kapolres baru oleh Kapolda Irjen Edward Aritonang. AKBP Kukuh Khalis, yang berasal dari Magelang itu, sebelumnya adalah Kapolres Rembang. Sementara AKBP Anthony Agustinus, oleh Kapolda telah diusulkan untuk suatu jabatan di Mabes Polri, namun demikian, sebelum keputusan penempatan itu keluar, yang bersangkutan akan menjadi perwira staf Polda Jateng di Semarang.
Selain Kapolres, di jajaran TNI juga terjadi pergantian kepemimpinan. Jabatan Dandim 0706 Temanggung yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Kav Asep Ridwan, kini sudah digantikan oleh Letkol Inf Zainudin. "Letkol Inf Zainudin sebelumnya menjabat sebagai Pambandyalatsopos di Kodam IV Diponegoro. Pergantian ini merupakan upaya penyegaran di tubuh TNI dan kebutuhan organsisasi,” jelas Danrem 072 Pamungkas Kolonel Kav Sumedy.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tanya: apakah pergantian di pucuk aparat keamanan TMG ada kaitannya dengan tuntutan FUIB dalam buku putih?