07 Mei 2010

Bakso Pikatan yang Sedap

Salah satu alternatif menikmati kuliner di Temanggung adalah bakso. Di Temanggung jenis makanan bakso sangat banyak seperti bakso uleg yang ada di alun-alun, depan SMP N 2 Temanggung.
Selain bakso uleg juga terdapat adeka olahan bakso mei seperti Bakso Cipto Roso Gendengan Temanggung, Bakso Kepala Sapi depan Samsat Temanggung, Bakso Tlogo di desa Tlogomulyo dan masih banyak lainnya.
Kali ini kita akan mencoba bakso Pikatan Mudal Temanggung. Letaknya kira - kira 400 m sebelah selatan (ke arah Tembarak ) dari Taman Makan Pahlawan Prayudan Mudal Temanggung. Tepat di pertigaan ada dua kios bakso yang saling berhadap, disebelah kiri atau timur jalan adalah Bakso Jolali Pikatan dan sebelah kanan atau barat jalan adalah Bakso Pikat Roso.

Bakso Pikat Roso ini yang istimewa adalah baksonya agak besar, lunak dan guruh, masih ditambah dengan thethelan daging sapi(daging sapi yang nempel di tulang sapi) yang empuk, serta ditambah tahu bakso (tahu isi bakso ) yang enak. Pikat Roso dikelola oleh B. Wati dan keluarga, satu hari bisa menghabiskan 10 - 12 kg daging sapi dan 5 kg thethelan daging sapi. Tetapi tambahan thethelan jika persediaan masih ada, atau biasanya sebelum jam 14.00.

Harga satu porsi Rp. 8.000,- , dijamin pasti sudah kenyang , karena menu besar. Jika dibawa pulang akan dibungkus dengan kontong plastik yang ber merek Bakso Pikat Roso.
Selamat mencoba.!!!!!!!!!!!!!!!!

2 komentar:

Tangan Kiri Tuhan mengatakan...

Sekedar info mas, ternyata e ternyata, si mbak yang kagungan 'Pikat Roso' itu putrine Pak Penjol mButuh (bakso legendaris jaman kita kecil)

uzi mengatakan...

sekarang harganya Rp. 20.000/porsi
kapok beli disana...