07 Mei 2010

Musim Tanam Tembakau telah tiba

Stelah musim panen padi berakhir sekarang di Kampung Jinggan sudah mulai memasuki musim tanam tanaman kering, seperti tembakau, jagung dan cabai. Untuk tanaman tembakau menjadi idola karena jika cuaca dan harga bagus dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Dulu sebelum ada Kelompok Tani (Poktan ) Guyub RUkun, untuk menanam tembakau secara gotong royong, membutuhkan dana yang besar antara Rp. 400.000 - 600.000, untuk beli snack 2 macam , rokok, makanan, lauk( daging ayam atau tongkol ). Karena dirasa memberatkan, maka lewat Poktan acara tanam tembakau dibuat lebih ringan, yaitu penanaman secara gotong royong dengan biaya Rp. 15.000,- per kesuk ( 0,25 Ha ) untuk kas Poktan ditambah snack seadanya dan minum.

Kemarin Rabu tanggal 5 Mei 2010, tanam tembakau perdana dilakukan disawah milik Bp. Hadi Suwito ( Hadi Timbul) di sawah Sejambe (sebelah timur Kampung Jinggan) dengan luas lahan 3 kesuk. Penanaman dilakukan sore setelah dzuhur, agar warga yang lain masih sempat mengolah sawah di pagi hari. Penanaman dilakukan oleh warga terutama anggota Poktan kira-kira 20 orang.
Selamat, Semoga panen berhasil


Tidak ada komentar: