07 Mei 2010

Sungai bersih, mancing jadi asyik

Sejak lima tahun lalu diterapkan peraturan desa (Perdes) tetntang larangan meracuni, dan nyetrum ikan di sungai , serta larangan membuang sampah dan limbah rumah tangga ke sungai, sungai atau kali di sekitar kampung Jinggan jadi bersih. yang terpenting ikan makin kerasan, terbukti sudah banyak ikan kecil yang sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan yang sudah ada di sungai sekitar jinggan , seperti uceng dan uadang. Selain itu juga banyak ditemukan unjar, kothes, genjilan, mujahir dan bader.

Dengan kondisi tersebut maka peng hobi mancing akan betah sekali, karena kalu sabar pasti akan mendapatkan hasil. Dan setiap hari kalau cuaca cerah disiang dan sore hari pasti yang aktif mancing di kali, mulai dari Kali sebelah utara lapangan, sampai kali wetan. Dan kata P. Teguh, kalau sabar, hasilnya bisa untuk lauk makan.

Yang aktif mancing hampir tiap hari adalah P. Teguh, Suratno, Subandriyono, Heri, ANjas, AGus, dan ALip . Jadi tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam, agar sungai dan lingkungan bisa bermanfaat.

2 komentar:

Rita mengatakan...

peraturan perundangan apa yg mengatur soal pelarangan nyetrum di sungai? mohon info. sukses dengan mancingnya mas.

Unknown mengatakan...

Jadi ingat dikampung keren banget suasana desanya Bos