25 Januari 2010

Kelompok Tani Ternak yang berusaha untuk meraih Kesejahteraan

Di Rw. 05 Jinggan telah berdiri kelompok Tani Ternak yang yang diberi nama "Guyup Rukun " , yang berkonsentrasi pada pengembangan peternakan sapi. Diharapkan dengan berdirinya kelompok Tani ternak ini ada penghasilan tambahan untuk kesejahteraan keluarga dan tabungan untuk biaya sekolah anak-anak.
Kelompok ini beranggotakan Asmuni, Yuliyanto, SUdaryanto, Aryadi, Sunarto, Setyowidodo dll. Untuk memajukan kegiatannya kelompok ini telah mengajukan kredit ternak di BRI Cabang Temanggung untuk pebuatan kandang dan pembelian ternak uttuk penggemukan (sapi). Awal Januari 2010 kredit ternak telah cair untuk 5 orang, masing - masing Rp. 25.000.000,- dengan alokasi Rp. 5 juta untuk pembuatan kandang dan 20 juta untuk pembelian bibit sapi (bakalan ) sebanyak 3 ekor Tenggang waktu pengembalian 3 tahun, dengan cara 6 bulan pertama membayar bunga kira - kira Rp. 750.000, dan 6 bulan berikutnya mengangsur pokok pinjaman kira - kira Rp. 7 juta. Dari perhitungan ini menurut Aryadi masih menguntungkan, dan diharapjan pada akhir pelunasan tiap anggota bisa mempunya 2 ekor sapi bakalan milik sindiri.
Sekarang sudah pada tahap pembuatan kandang dan ada sebagain yang sudah membeli utuk bakalan.
Lokasi kandang menggunakan kandang kelompok (komunal) yang disediakan oleh Pihak Kelurahan kebonsari di sebelah timur lapangan sepak bola "Randu Tunggal" Kebonsari, yang di petak petak ukuran 3 x 4 m sebanyak 30 petak.

Semoga dengan langkah yang maju dan inspiratif ini Kelompok Tani Ternak Guyup Rukun bisa ikut membantu mensejahterakan anggotanya.

Tidak ada komentar: