14 Maret 2009

Wisata Dakwah, Wisata Alam, Wisata Pengetahuan

Bersama dengan Jam'ah Kuliah Subuh Pimpinan Daerah Kabupaten Temanggung, pada hari Senin 9 Maret 2009, saya mengikuti acara Wisata Dakwah,Wisata Alam, Wisata Pengetahuan bersama dengan 160 orang , yang terangkut dalam 3 bus OBL.

Wisata Pengetahuan
Kunjungan pertama di Pusat Pengelolaan Kelapa Terpadu ( COCO Power) yang dikelola oleh PT. Tropica Nucifera Industri di Kasihan Bantul Jogja.
Disini tempat pengelolaan buah kelapa mulai dari air kelapa, tempurung kelapa dan buah kelapa. Sebagai tenaga ahli dan pemiliknya dalah Prof. Dr. AH. Bambang Setiadi. Beliau asli Suronatan Temanggung.
Pengelolaan kelapa disini dengan melibatkan kelompok di masyarakat di Jogja,Bantul Purworejo dan sekitarnya. Kelompok Masyarakt di ajari pengelolaan kelapa yang mempunya nilai tambah lebih dan hasilnya di setorkan ke Coco Power untuk diolah lebih lanjut, dengan dibayar tunai. Di Coco Power kelapa diolah menjadi Nata de Coco ( dari air kelapa), VCO / Virgin Coonut Oil/Minyak Blendo, Minyak goreng kelapa, sabun (dari daging kelapa), Liquid Smoke, briket ( dari Tempurung). Disini beru menghasilkan 20 varian product, padahal di Filipina dari kelapa bisa menghasilkan 120 produk.Jadi masih terbuka luas untuk pengembangan kelapa dan ekonomi masyarakat.

Wisata Dakwah
Sedangkan untuk wisata dakwah dilakukan di Aula Masjid Annur Dusun Depok Desa Parangtritis, yang dikelola oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Parangtritis. Sebagai pembicara dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kretek Bantul tentang pengelolaan tempat wisata yang jauh dari maksiat. Di Pantai depok dikembangkan aturan yang membuat pengunjung nyaman, yaitu melarang adanya pendagang asongan, pengemis, WTS. Dan dikembangan acara Sedekah Laut yang biasa dilakukan dengan menghanyutkan makanan kelaut / dilarung, dikembangkan dengan memberi makan anak yatim di darat, sehingga lebih bermanfaat.

Wisata Alam
Untuk wisata alam dilakukan di pantai Depok Desa Parangtritis Kec. Kretek Keb. Bantul Jogja. Yang istimewa dari pantai Depok adalah tersediannya pasar ikan segar dengan berbagai pilihan. Disana juga banyak rumah makan yangmenawarkan untukmengolah ikan segar yang kita beli. Sebagai contoh kalau kita beli ikan Cakalang Rp. 11.000,- /kg ongkos untuk jadi ikan bakar Rp. 6.000,-/kg .
Selamat mencoba, pasti lebih siiip dan fresh.

Tidak ada komentar: