09 Maret 2009

Musim Durian , ya ...pesta Duren


Selain terkenal dengan tembakau, Kabupaten Temanggung,juga menghasilkan potensiperkebunan atau buah,contoh kopi,klengkeng,buah-buahan dll. Pada bulan Desember -Maret di Temanggung banyak dijumpai buah Durian atau duren.Sedangkan penghasil durien yang banyak di Kec. Kandangan , Kec. Pringsurat dan Kec. Kaloran . Untuk itu, saya mencoba berburu durian di sarang durian di Dudun Kebonsalak Desa Purwosari Kec.Kranggan .
Setelah melalui perjalanan 45 menit, sampai di rumahnya Mas Lasin.Dari 10 durian yang dibuka semuannya bagus. Durian Kranggan mempunya rasa manis atau manis agak pahit (legit) danpahit agak manis, tinggal selera. Sedangkan tektur buahnya berserat lembut dan empuk serta berwarna kuning sehingga dari rasa pasti puas !!!!! Sedangkan dari penampilan, seperti buah asli Indonesia lainnya kurang bagus.Ukuran buah kecil, kadang bengkok,biji berukuran besar, sehingga dagingnya tipis. Harga perbuah rata-rata Rp. 20.000,- dan anda pasti puas.
Untuk memperoleh durian yang siap santap , dapat di temui di jembatan kranggan,tetapi anda harus punya keahlian mennawar. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: