10 Oktober 2012

Pelepasan Jama’ah Haji di Jinggan


Di Tahun 2012, ada 6 orang warga Jinggan yang melaksanakan ibadah haji, yaitu Bp. Herdiyanto dan B. Dwi Cahyani (Istri), Bp. Edi Sri Sumaryanto dan B. Nur Asrikah (istri) dan Bp. Sri Haryono dan Puji Lestari (istri). Mereka masuk kloter yang berbeda, Bp. Hardiyanto dan B. Dwi Cahyani masuk kloter 48 dan Bp. Edi Sri Sumaryanto ,B. Nur Asrikah , Bp. Sri Haryono dan Puji Lestari masuk kloter 50. Sudah menjadi tradisi warga Jinggan untuk mengadakan upacara pelepasan calon jamaa’ah haji sebelum keberangkatan ke Pendopo Pengayoman Temanggung yang dilanjutkan ke Donohudan Solo.
Untuk Bp. Hardiyanto dan B. Dwi Cahyani upacara pelepasan dilakukan pagi hari kamis tanggal 4 Oktober 2012 jam 07.00 di depan rumah, karena pemberangkatan dari pendopo sekitar jam 10.00. Banyak warga Jinggan yang ikut dalam pelepasan. Upacara dipimpin oleh Bp. H. Ismail dilanjutkan dengan sambutan dan pamitan serta salaman kepada caloan jama’ah haji. Setalah Bp. Hardiyanto dan B. Dwi Cahyani dibawa rombongan ke Pendopo pengayoman, warga dipersilakan makan bersama.
 Sedangkan untuk Bp. Edi Sri Sumaryanto ,B. Nur Asrikah , Bp. Sri Haryono dan Puji Lestari upacara dilakukan pada hari jum’at tanggal 5 Oktober 2012 jam 02.30 dini hari di depan Masjid Babussalam Jinggan karena masih ada acara di Masjid Baiturrahman Kebonsari jam 03.00, yaitu pelepasan oleh kepala Kelurahan yang bersamaan dengan calon jamaah haji dari Krajan dan Kebon, yaitu Bp. H. Maksum Effendi dan Bp. Dahroni dan Istri. . Dipimpinan oleh Bp. Ramelan Jihadi dan teruskan dengan sambutan –sambutan dan pamitan serta diakhiri dengan salaman. DIperkirakan semua calon jamaah haji dari jinggan kembali tanggal 15 Nopember 2012.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Tidak ada komentar: