08 Desember 2009

Jalan-jalan ke Dieng

HAri selasa 8 Desember 2009 kemarin, saya mengadakan perjalanan ke dataran tinggi Dieng. Rencana mengunjungi teman lama yang sudah 6 tahun tidak bertemu, Sdr Teguh di Ds. Pawuhan Desa Karang Tengah Kec. Batur Kab. Banjarnegara.
Berangkat dari rumah jam 7 pagi, langsung ke Pawuhan jam 9.30. alhamdulillah ketemu Sdr. Teguh. Sdr. Teguh dan rekan-rekan pemuda sedang mengembangkan Desa Wisata di Pawuhan, dengan paket 1 hari meliputi tanam kentang panen kentang, melihat anak dengan rambut gimbal, naik bukit melihar pantai utara jawa dll. Paket 1 hari dengan tarif 50 ribu, makan satu kali.Untuk paket komplit selama 2 hari satu malam biaya 150 ribu meliputi paket desa , ditambah paket ke obyek wisata dieng.

Setelah puas berjumpa dengan sdr Teguh. saya melanjutkan perjalanan ke museum Purbakala Dieng. Dari daerah musium ini kita dapat melihat pemandangan dataran dieng, yang meliputi Bale Kambang ( danau), komplek candi Arjuna dll.
Perjalanan dilanjutkan ke Kawah Sikidang, yang merupakan kawang terbesar di Dieng. Kawang dapat di dekati sampai pinggir kawang dan hanya dibatasi oleh bambu. Kawah mendidih seperti bubur warna abu-abu dengan diameter 6 m. Terlihat hamparan batu pitih dan bau belerang yang agak menyengat. Setelah cukup lama muter-muter dan puas dengan bau belerang, saya meninggalkan komplek kawah, menuju ke parkiran yang luas.
Dan ternyata diparkiran ada penjual gorengan. Merupakan perpaduan yang enak, hawa dingin ditambah gorengan plus teh anget, mantap banget.
Setelah puas dengan gorengan, perjalanan dilanjutkan lagi, rencana mau ke Telaga Warna, tetapi karena cuaca mendung, maka langsung ke komplek candi Arjuna.
Komplek Candi Arjuna merupakan obyek wisata di tengah dataran dieng, berdampingan dengan Balai Kambang dan Gedung Suharto Witlen. Disebur komplek karena terdiri dari beberapa candi, seperti Candi Arjuna, Semar, Sembadra, dll. Pemandangannya sangat bagus, seperti di dalam mangkok ,kita di dalamnya di tengah -tengahnya, kiri kananmya membentang pegunungan yang bagus.
Jadi keindahan dieng tidak dapat dilukiskan, tetapi hanya perlu di datangi dan dinikmati. dan saya siap jadi pemandu wisatanya. Selamat mencoba ..........



2 komentar:

Dokter Blog mengatakan...

Salam blogger dari temanggung

KABAR JINGGAN mengatakan...

Met jumpa kawan,terima kasih